Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Menanam Melon Agar Hasil Panen Melimpah

Buah melon yang sering kita temui ternyata bukan buah asli dari Indonesia. Melon (Curcumis melo L) ternyata berasal dari dataran Persia kemudian menyebar kebeberapa wilayah seperti Eropa, Amerika, Timur Tengah, Asia, lalu sampailah di negara kita.

Photo by: Instagram.Com

apabila kamu ingin berfokus belajar cara menanam melon, engkau mampu berkunjung ke sentra budidaya butir melon yg berada didaerah Bogor (Jawa Barat), Madiun, Ponorogo, Kalianda Lampung, Ngawi (Jawa Timur), Boyolali, Klaten, Karanganyar, dan Sragen ( Jawa Tengah ).

Panduan Praktis Cara Menanam Melon

Cara menanam melon tidak bisa lepas dari pemilihan lahan tanam yang cocok untuk tanaman melon itu sendiri. Karena lahan yang cocok dan sesuai dengan habitat buah melon bisa menghasilkan hasil panen yang melimpah.

Langkah Awal Cara Menanam Buah Melon

Syarat tumbuh butir melon:

  1. Hindari lahan yang mempunyai kondisi angin yang bertiup cukup kecang, karena bisa mematahkan batang dan tangkai buah melon.
  2. Usahakan lahan yang dipakai tersinari sinar matahari sepanjang hari.
  3. Suhu ideal untuk menanam melon antara 24 sampai 30 derajat celcius, karena tanaman melon sangat menyukai suhu sejuk dan kering.
  4. Calon buah tanaman melon sangat mudah rontok jika sering diguyur hujan dengan intensitas deras.
  5. Sangat cocok ditanam didataran rendah dengan ketinggian tanah 350 sampai 950 mdpl.
  6. Media tanam terbaik adalah tanah berpasir yang kaya akan unsur hara.
  7. PH tanah netral antara 5 sampai 7.

Jika huma yang engkau miliki berada pada daerah dataran tinggi & memiliki suhu udara dingin, ada baiknya kamu menyewa lahan di dataran rendah yang sinkron menggunakan kriteria diatas. Setelah menemukan lahan yg cocok, selanjutnya cara menanam melon yg baik & sahih dapat diawali menggunakan cara berikut:

Cara menanam melon:

1. Pemilihan bibit melon

Pemilihan benih unggul merupakan salah satu bagian terpenting dari cara menanam melon. Untuk mendapatkan benih melon unggul bisa dengan cara merendam biji melon didalam air atonik dan furadan selama kurang lebih 2 jam.

Apabila terdapat biji yang mengapung, buanglah biji tadi lantaran biji tadi kurang baik untuk dijadikan benih bagi budidaya buah melon.

Kemudian simpanlah benih tersebut ditempat kemarau dan nir lembab supaya nir ditumbuhi jamur. Jika benih disimpan dalam polybag, sebaiknya memberi alas koran agar akar melon tidak menembus tanah.

2. Penyemaian benih melon

Photo by: Instagram.Com

Cara menanam melon berikutnya adalah penyemaian benih. Bibit buah melon harus melalui proses penyemaian terlebih dahulu sebelum ditanam. Berikut cara penyemaian dalam benih melon:

  • Rendam benih selama kurang lebih 3 jam, agar perkecambahan lebih cepat tumbuh.
  • Masukan benih kedalam polybag yang telah diisi dengan tanah dan pupuk kandang dengan takaran 4:1.
  • Lalu tutup benih dengan tanah yang sudah dicampur abu sekam
  • Lakukan penyiraman rutin setipa pagi hari dengan cara disemprot.
  • Jika benih telah menginjak usia 12 hari biasanya sudah tumbuh daun sebanyak 3 sampai 5 helai, maka benih siap dipindahkan kelahan tanam sebenarnya.

3. Persiapan huma

Setelah menerima benih yang siap tanam, selanjutnya cara menanam melon adalah menyiapakan lahan yg akan digunakan buat budidaya butir melon. Dan cara mempersiapkan huma tanamnya adalah menjadi berikut:

  • Bajak atau cangkul lahan tanam untuk mengemburkan tanah, sekaligus membersihakan gulma atau rumput liar yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman melon.
  • Jika PH tanah terlalu asam bisa ditambahkan kapur dolomit. Tetapi jika terlalu basa, kamu bisa menetralkannya dengan menambahkan belerang sebelum lahan ditanami.
  • Biarkan lahan selama kurang lebih satu minggu setelah digemburkan agar terpapar sinar matahari.
  • Setelah dibiarkan selama satu minggu, buatlah bedengan dengan lebar 120 cm, tinggi 50 cm serta panjang sekitar 15 meter atau menyesuaikan posisi lahan.
  • Buat jarak antar bedengan sekitar 50 cm sampai 70 cm yang berfungsi sebagai parit atau drainase.
  • Tutupi permukaan bedengan dengan mulsa plastik sebanyak 2 lapis, lapisan atas (luar) berwarna perak dan lapisan dalam berwarna hitam.
  • Diamkan bedengan selama kurang lebih satu minggu, sebelum membuat lubang untuk media tanam melon.
  • Setelah seminggu, buatlah lubang tanam menggunakan kaleng susu bekas. Lubangi mulsa plastik sekaligus bedengannya sedalam kurang lebih 5 cm sampai 10 cm.

4. Penanaman benih lemon

Setelah penyemaian benih dan persiapan lahan telah terselesaikan, cara menanam melon selanjutnya merupakan memindahkan benih melon kedalam lubang tanam bedengan yang telah disiapkan. Waktu tanam terbaik disarankan pada awal musim kering.

Photo by: Instagram.Com

Cara menanam melon sebaiknya menanam benih melon beserta tanah dalam polybag, akan tetapi ingat buat melepas plastik polybag tadi. Masukan benih kedalam lubang tanam, usakan buat berhati?Hati jangan hingga menghambat akar yang sudah tumbuh dalam bibit.

5. Melakukan pemeliharaan tanaman melon

Cara menanam melon bisa berhasil jika rutin melakukan perawatan. Proses ini terdiri dari penjarangan, penyulaman, penyiraman, pemupukan, sampai penanggulangan hama penyakit dengan cara penyemprotan pestisida.

Pemeliharaan flora melon mulai dari penyulaman, penjarangan, sampai penyiangan sanggup dilakukan bersama saat penyiraman flora. Lakukan penyiraman secara rutin, cukup satu kali pada pagi hari saja. Karena tumbuhan melon memang nir membutuhkan air yg poly, perhatikan juga waktu penyiraman jangan hingga ada air yang menggenang diatas bedengan.

Photo by: Instagram.Com

Cara menanam melon yg baik merupakan selalu rutin dalam mengontrol flora, apabila ada flora yg tewas atau tidak tumbuh sempurna segera ganti dengan flora baru (penyulaman), kemudian sisihkan tumbuhan apabila ada yg tumbuh berdesakan (penjarangan), lalu bersihkan rumput pengganggu dan gulma yg tumbuh disekitar flora melon (penyiangan).

Lakukan pemupukan susulan sebanyak tiga periode yaitu, ketika tanaman menginjak usia 20 hari, 40 hari, & 60 hari selesainya benih ditanam. Sebarkan pupuk pada area sekitar lubang tanam dengan dosis Urea 300kg/ha , TSP 200 kg/ha , serta KCl 200 kg/ha.

6. Proses panen

Buah melon yg telah siap panen bisa dilihat dengan ciri fisik yaitu, berukuran buah sudah relatif akbar, rona kulit mulai menguning, dan mulai terlihat serat jala yang kasar & jelas. Atau bila dihitung menurut masa tanam umumnya melon sanggup dipanen selesainya menginjak usia 120 hari dihitung semenjak benih dipindah kebedengan.

Photo by: Instagram.Com

Demikianlah tahapan cara menanam melon yang baik supaya menerima output panen yg melimpah dan aporisma, Selamat mencoba!

iklan

Post a Comment for "6 Cara Menanam Melon Agar Hasil Panen Melimpah"