Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Langkah Mudah Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot

Daun bawang adalah galat satu sayuran yg paling tak jarang digunakan dalam aneka macam olahan masakan spesial Indonesia. Sayuran yang satu ini sangat sering dipakai buat menambah cita rasa masakan menurut mulai olahan sederhana seperti telur dadar sampai olahan berat seperti sup dan lainnya. Dalam artikel kali ini kami akan menaruh cara menanam daun bawang dengan mudah dan praktis.

Photo by: Instagram.Com

Cara menanam daun bawang cukup mudah, sederhananya kamu tinggal menancapkan daun bawang dilahan tanam. Walaupun cara menanam daun bawang tebilang mudah, tetapi jarang sekali petani membudidayakan sayuran yang satu ini.  Maka dari itu hal ini menjadi kesempatan emas untukmu, karena persaingan pembudidaya cukup kecil dan permintaan pasar yang cukup tinggi.

Tahapan Penting Cara Menanam Daun Bawang

Tahapan awal dalam budidaya daun bawang merupakan menjadi berikut, langkah awal merupakan persiapan bibit, penanaman, perawatan, hingga proses panen. Agar lebih jelas pribadi saja kita bahas cara menanam daun bawang yg baik & benar.

Cara Menanam Daun Bawang

Cara menanam daun bawang yang akan dibahas merupakan penanaman dengan metode organik, jadi nir perlu repot menggunakan pupuk kimia dan bahan insektisida lainnya.

5 Langkah Penting Cara Menanam Daun Bawang

1. Bibit Daun Bawang

Bibit terbaik untuk cara menanam daun bawang bisa diperoleh dari bibit yang sudah berumur tua dan sehat. Daun bawang tua dapat dilihat dengan ciri batangnya tipis namun lebih padat daripada daun bawang muda. Carilah bibit daun bawang langsung dari petani yang menanam daun bawang, karena  biasanya daun bawang yang dijual di swalayan atau toko sayuran merupakan daun bawang yang masih muda.

Dua. Menyiapkan Media Tanam

Media tanam merupakan hal pertama yang harus disiapkan dalam cara menanam daun bawang. Lantaran sine qua non ketika jeda minimal 2 sampai tiga minggu sebelum melakukan penanaman. Hal ini bertujuan agar racun pembawa penyakit yang masih ada ditanah sanggup memuai karena terpapar sinar mentari sebelum saat tanam.

Hal ini merupakan salah satu bagian penting dalam cara menanam daun bawang. Karena daun bawang termasuk jenis sayuran yang mudah diserang penyakit seperti bercak daun yang bisa mengakibatkan daun bawang membusuk kemudian mati. Pemberian waktu jeda sebelum penanam daun bawang merupakan salah satu tindakan preventif untuk mencegah munculnya penyakit bercak daun pada tanaman daun bawang.

Media tanam terbaik buat cara menanam daun bawang merupakan campuran tanah dengan pupuk sangkar maupun pupuk kompos. Komposisi media tanam tersebut adalah 50:50, untuk mendapat hasil yg lebih maksimal pakailah pupuk kompos yang telah matang atau telah terfermentasi menggunakan baik.

Pupuk kompos yg biasa dipakai oleh para petani diantaranya:

  • Pupuk kompos grajen.
  • Pupuk kompos jerami.
  • Pupuk kompos sisa media tanam jamur.
  • Pupuk kompos sampah dapur.
  • Pupuk kompos dedaunan.

Selain itu kamu jua mampu menggunakan alternativ pupuk kascing sebagai campuran media tanam daun bawang. Pupuk kascing adalah pupuk kompos yg bersumber dari media ternak cacing tanah. Pupuk kascing kaya akan kandungan vitamin dan mineral sangat diperlukan oleh tanaman daun bawang, kamu bisa mendapatkannya di ios pertanian terdekat.

Setelah menentukan jenis pupuk yg akan digunakan, langkah selanjutnya merupakan menghancurkan pupuk kompos sampai halus, kemudian campur menggunakan tanah dengan perbandingan 50:50. Setelah tanah & pupuk tercampur dengan sempurna, kemudian pindahkan media tanam tadi kedalam pot atau polybag sebagai media dalam cara menanam daun bawang. Pilih lokasi yg terkena sinar matahari eksklusif buat meletakannya.

Tiga. Cara Menanam Daun Bawang

Setelah semuanya siap & media tanam telah didiamkan selama dua hingga tiga minggu, langkah berikutnya adalah menanam bibit daun bawang. Masukan daun bawang kedalam media tanam sedalam kurang lebih lima cm, kemudian urug balik dengan tanah, selesainya itu siram menggunakan air secukupnya. Posisi menanam boleh miring beberapa derajat ataupun lurus, yg terpenting nir mengganggu pengakaran bibit daun bawang.

4. Penyiraman Dan Perawatan Rutin

Setelah proses penanaman terselesaikan, langkah berikutnya menurut cara menanam daun bawang adalah penyiraman secara rutin agar kebutuhan air mampu tercukupi. Penyiraman sanggup dilakukan sebanyak 2 kali sehari dalam pagi & sore hari saat isu terkini hujan, dan relatif sehari sekali ketika isu terkini hujan.

5. Proses Pemanenan

Perawatan daun bawang nir serumit penanaman sayuran lainnya, cukup melakukan penyiraman secara rutin flora daun bawang idealnya sanggup dipanen ketika menginjak umur 2 sampai dua,5 bulan.

Photo by: Instagram.Com

Nah, itulah cara menanam daun bawang yang baik dan benar. Tidak ada salahnya engkau mencoba membudidayakan sayuran yg satu ini, selain buat hobi output panennya bisa engkau gunakan buat keperluan mengolah, atau bila hasil panennya melimpah kamu bisa menjualnya. Selamat mencoba.

iklan

Post a Comment for "7 Langkah Mudah Cara Menanam Daun Bawang Dalam Pot"