Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Kangkung Agar Hasil Panen Melimpah

Salah satu peluang usaha yg cukup menjanjikan merupakan budidaya sayuran, karena nir mampu dipungkiri sayuran adalah keliru satu bahan utama masakan Indonesia. Kangkung adalah salah satu sayuran yg paling terkenal dikalangan rakyat, jadi tidak terdapat salahnya kamu mencoba cara menanam kangkung.

Photo: Instagram.Com

Cara Menanam Kangkung Untuk Mendapat Hasil Panen Melimpah

Cara menanam kangkung sebenarnya jauh lebih mudah, daripada membudidayakan tumbuhan sayur jenis lainnya. Apalagi kalau engkau penggemar sayur terutama kangkung, niscaya bakalan apdol banget bila menciptakan tumis kangkung atau rujak kangkung hasil tanam sendiri.

Sebelum membahas cara menanam kangkung, nir terdapat salahnya saya menyebutkan jenis-jenis kangkung terlebih dahulu. Ada dua jenis kangkung yg biasa dibudidayakan, yaitu:

1. Kangkung Darat

  • Tumbuh didarat dan lahan kering.
  • Memiliki batang yang lebih kecil serta mempunyai warna putih kehijauan.
  • Biasanya memiliki bunga berwarna putih.
  • Daun lebih lunak dan tipis.

Dua. Kangkung Air

  • Tumbuh ditempat berair seperti kolam, genangan sawah, serta parit.
  • Mempunya warna hijau tua dan batang lebih besar.
  • Umumnya memiliki bunga berwarna putih kemerahan.
  • Daun lebih alot dan lebar.

Untuk mendapat hasil panen yang melimpah engkau wajib memahami cara menanam kangkung yang baik & benar, ayo eksklusif saja simak cara menanam kangkung yang benar:

Cara Menanam Kangkung:

1. Persiapan Benih

  • Sebagai tahap awal untuk cara menanam kangkung, tentu saja kamu harus mencari bibit unggul terlebih dahulu. Pilihlah bibit kangkung yang terbukti bebas dari hama penyakit, dan berasal dari varietas yang terjamin kualitasnya.
  • Saat pembibitan kangkung sendiri bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menanam biji kangkung langsung atau biasa disebut generatif atau dengan cara vegetatif, yaitu pembibitan yang dilakukan dengan stek batang.
  • Bibit merupakan salah satu faktor penting dalam cara menanam kangkung yang baik, disarankan memakai bibit kangkung yang varietasnya jelas. Untuk mendapatkannya cukup mudah, kamu bisa mencarinya dikios pertanian terdekat, disana kamu bisa memilih bibit kangkung terbaik yang bisa kamu tanam.

Dua. Persiapan Lahan Tanam

  • Selanjutnya kamu harus mempersiapkan lahan tanam dalam cara menanam kangkung yang benar. Maka langkah selanjutnya adalah mengemburkan tanah dengan cara dicangkul. Selain menggemburkan tanah cara ini sekaligus bisa membersihkan lahan tanam dari rumput liar, gulma, serta akar bekas tanaman lain.
  • Cara menanam kangkung berikutnya yaitu membuat bedengan dilahan tersebut. Bedengan yang ideal memiliki ukuran lebar 100cm serta tinggi 30cm, panjangnya menyesuaikan kondisi lahan. Untuk drainase berikan jarak sekitar 50cm antar bedengan.
  • Tapi jika lahan tanam yang kamu punya tidak terlalu lebar, persiapan cara menanam kangkung bisa kamu atur sesuai kebutuhan. Yang terpenting lahan yang kamu buat harus gembur, serta dibuat mirip bedengan agar tetap bisa ditanami kangkung.
  • Jika kamu tidak mempunyai lahan yang cukup lebar. Cara menanam kangkung bisa kamu lakukan dengan lebih sederhana, dengan cara menanam kamgkung dalam pot atau polybag.

3. Pemberian Pupuk

  • Setelah persiapan lahan sudah sekesai, cara menanam kangkung berikutnya adalah pemberian pupuk awal pada lahan tanam. Cara ini dikerjakan sebelum kamu memulai cara menanam kangkung. Masukan pupuk kandang secukupnya kedalam lahan tanam, kemudian ratakan diatas bedengan, lalu biarkan selama 3 sampai 5 hari agar pupuk meresap sempurna kedalam tanah.
  • Jika lahan tanam yang kamu miliki terlalu asam, kamu bisa menetralkann PH nya menggunakan kapur (dolomit). Agar cara menanam kangkung bisa berjalan lancar, pemberian kapur harus sesuai takaran, misalnya pupuk 1 karung maka kamu hanya perlu kapur 1 ember kecil (tidak terlalu banyak).

4. Tahap Cara Menanam Kangkung

Waktu terbaik buat cara menanam kangkung adalah awal ekspresi dominan hujan. Yaitu antara bulan november dan desember. Jika kamu melakukan cara menanam kangkung dimusim kering, maka kamu wajib melakukan penyiraman rutin setiap hari.

Berikut merupakan proses cara menanam kangkung:

  • Pertama buatlah lubang sedalam kurang lebih 5cm diatas bedengan, lalu beri jarak antar lubang sekitar 15 sampai 20cm.
  • Masukan biji kangkung kedalam lubang, setiap lubang diisi kira–kira 3 sampai 5 biji kangkung, lalu tutup dengan tanah tipis yang sudah dicampur pupuk kandang dan NPK. Cara menanam kangkung bisa dilakukan dengan metode zig–zag ataupun garitan.

5. Penyulaman

Cara menanam kangkung nir sanggup tanggal menurut proses penyulaman. Yaitu, penyortiran & penggantian tumbuhan kangkung yang tewas atau tidak tumbuh dengan baik, hal ini harus rutin dilakukan, supaya hasilnya sanggup seragam saat pemanenan.

6. Perawatan Kangkung

Setelah bibit tumbuh langkah berikutnya merupakan pemeliharaan, caranya bersihkan rumput liar maupun gulma yg mampu mengganggu pertumbuhan flora kangkung.

Untuk menjaga kekayaan hara didalam tanah engkau sanggup melakukan anugerah pupuk susulan. Berikan pupuk urea menggunakan dosis 15gr/meter huma dengan cara disebar dipinggiran dedengan. Pemupukan sanggup kamu berikan kurang lebih 10 hari sesudah penanaman kangkung.

7. Panen Kangkung

Idealnya flora kangkung sudah sanggup dipanen ketika berusia 30 hari semenjak masa tanam. Cara panennya bisa dengan mencabut sampai akar, ataupun memotong pangkal batangnya.

Photo: Instagram.Com

Agar output panen tidak gampang layu, simpan hasil panen ditempat yg teduh namun tidak terlalu lembab. Bisa jua menggunakan merendam akar kangkung didalam air agar hasil panen sanggup bertahan usang.

Itulah cara menanam kangkung yang baik dan sahih, kamu tidak butuh waktu lama buat menanam kangkung, karena pada saat satu bulan kangkung telah siap tanam.

Pada dasarnya cara menanam kangkung bukan hal yang sulit. Meski kamu banyak kesibukan, aktifitas menanam kangkung sanggup engkau lakukan buat mengisi ketika luang disela-sela liburan. Manfaatkan lahan kosong dihalaman tempat tinggal supaya mampu nermanfaat.

iklan

1 comment for "Cara Menanam Kangkung Agar Hasil Panen Melimpah"

  1. Tips Sukses Budidaya Perikanan ternyata Ada pada Satu Hal Ini
    Beberapa kali kita mendengar kematian massal ikan budidaya di keramba budidaya, dan salah satu penyebab utamanya adalah karena kekurangan suplai oksigen... Baca Selengkapnya

    ReplyDelete