Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Dengan Mudah

Photo: Instagram.Com

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Dengan Cara Paling Mudah

Akhir-akhir ini konsep rumah minimalis sangat populer didunia interior design, konsep ini menawarkan hiasan serba minimalis didalamnya. Mungkin hal ini dipengaruhi oleh jumlah lahan yang semakin sempit untuk membuat sebuah rumah.

Salah satu ornament yang sering dipakai dalam konsep rumah minimalis adalah dengan adanya rumput taman yang biasa menghiasai halaman rumah, baik halaman depan maupun halaman belakang. Rumput gajah mini merupakan salah satu rumput yang paling banyak dipakai dalam konsep minimalis.

Sebelum membahas cara menanam rumput gajah mini, berikut saya berikan contoh rumput gajah mini.

Photo: Instagram.Com

Dari namanya saja kamu pasti mampu menebak bentuk rumputnya. Yap, rumput gajah mini mempunyai ukuran yg kecil sebagai akibatnya sangat pas dengan konsep tempat tinggal minimalis. Cara menanam rumput gajah mini nir terlalu sulit, relatif mengikuti cara menanam rumput kecil diartikel ini kamu sudah bisa mendapat output maksimal .

Panduan Lengkap Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini bisa menambah kesan nyaman dan asri pada rumah hunian, selain itu rumput gajah mini memberikan kesan menarik dan daya tarik sendiri bagi para desain eksterior. Serta memiliki bentuk daun yang kecil sehingga memudah dalam perawatan.

Untuk mendapatkan bibit rumput gajah mini tidak terlalu mahal, harga yg dipatok lebih kurang 15rb sampai 20rb saja permeter perseginya. Cukup terjangkau bukan? Apalagi bila melihat output yang akan diperoleh, tempat tinggal engkau akan terasa lebih nyaman dan asri jauh dari kesan gersang.

Photo: Instagram.Com

Cara menanam rumput mini cukup mudah, kamu bisa mencobanya sendiri tanpa perlu meminta bantuan tukang kebun. Jika kamu mempunyai halaman rumah yang cukup luas, kamu bisa langsung mempraktekannya, maka inilah cara menanam rumput gajah mini yang bisa kamu coba sendiri.

Langkah Mudah Cara Menanam Rumput Gajah Mini:

  1. Pertama gemburkan tanah dengan cara dicangkul sedalam kurang lebih 5 sampai 10 cm, kemudian ratakan kembali dengan tanah tersebut.
  2. Jika tanah dalam keadaan kering dan gersang lakukan penyiraman dengan air, kemudian berikan pupuk kandang untuk menjaga nutrisi tanah kemudian diamkan selama seminggu sebelum melakukan penanaman. Jika dihalaman rumahmu belum tersedia tanah, maka cara menanam rumput gajah mini diawali dengan cara pengurugan tanah dihalaman rumah, kamu bisa mendapatkan tanah dari kebun atau membeli tanah urug khusus taman. Tanah merah atau (latosol) adalah tanah yang biasa dipakai untuk menanam rumput gajah mini.
  3. Waktu terbaik untuk menanam rumput gajah mini adalah musim hujan, karena saat musim hujan rumput akan mendapat persediaan air yang cukup melimpah.
  4. Pilihlah bibit rumput mini yang terbebas dari hama penyakit, kamu bisa membelinya dipenjual tanaman hias terdekat.
  5. Biasanya rumput gajah mini dijual dalam bentuk gelombang atau lempengan. Selanjutnya pisahkan rumput gajah mini menjadi lembaran kecil dengan ukuran sekitar 3 sampai 5 cm.
  6. Tanamlah lembaran kecil rumput gajah mini tadi kemudian tutup akarnya menggunakan tanah, untuk mendapatkan hasil maksimal sebaiknya ditanam dengan pola zig–zag .
  7. Kemudian tekan pelan–pelan bibit rumput gajah mini, hal ini bertujuan memperkuat posisi akar dalam tanah. Namun jangan terlalu keras karena bisa mematahkan akar yang bisa menyebabkan bibit mati.
  8. Cara menanam rumput gajah mini berikutnya adalah meratakan posisi rumput dengan tanah, kamu bisa meratakan dengan cara menindihnya dengan balok kayu. Setelah rata balok kayu tersebut disa diangkat kembali.
  9. Setelah semuanya siap, langkah selanjutnya cara menanam rumput gajah mini adalah menancapkan sedikit perakaran ketah, berikan sedikit tekanan agar akar bisa terikat dengan tanah. Jika ada ruang disela-sela rumput kamu bisa mengurugnya dengan tanah agar posisi rumput tidak bergeser. Untuk jarak tanam kira-kira 5 sampai 10 cm antar rumput.
  10. Jika dirasa perlu kamu bisa memberikan pupuk urea dan NPK. Pemupukan tambahan ini bisa kamu lakukan setalah 2 minggu setelah proses penanaman. Hal ini bertujuan agar pertumbuhan rumput gajah mini lebih cepat.
  11. Lakukan penyiraman rutin setiap 2 kali sehari pada pagi dan sore hari untuk mempercepat pertumbuhan rumput gajah mini. Usahakan menggunakan gembor atau semprotan halus saat penyiraman.
  12. Pertumbuhan rumput gajah mini sangat dipengaruhi oleh sinar matahari. Usahakan ruput gajah mini agar selalu mendapat sinar mata hari, karena jika kurang terkena sinar matahari rumput akan tumbuh memanjang dan tidak sesuai harapan.
  13. Kemudian lakukan perawatan rutin dengan membersihkan gulma dan rumput liar disekitar lahan agar tidak mengganggu pertumbuhan rumput gajah mini.
  14. Cara perawatan rumput gajah mini adalah dengan cara menghindari dari penginjakan langsung, karena bisa membuat ruput mati.

Rumput gajah mini yg acapkali diijak akan sulit tumbuh, dan membuat posisi rumput nir seragam. Untuk mengantisipasinya kamu bisa membuat pijakan disekitar rumput untuk menunggu rumput gajah kecil tumbuh menggunakan sempurna.

Photo: Instagram.Com

Itulah cara menanam rumput gajah mini , bagaimana gampang bukan? Idealnya jika engkau menanam rumput gajah kecil 1 meter maka umumnya akan melebar 2 hingga tiga meter dilahan yang disediakan. Selamat mencoba.

iklan

Post a Comment for "Cara Menanam Rumput Gajah Mini Dengan Mudah"