Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Dipekarangan Rumah

Buah strawberry adalah salah satu buah yang paling banyak disukai. Selain karena rasanya yang enak, buah strawberry juga banyak mengandung manfaat. Selain dibudidayakan diperkebunan, saat ini kamu bisa menanam strawberry dalam pot atau polybag dipekarangan rumahmu. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat ingin menanam strawberry, seperti  menggunakan stolon, eksisiting, serta penanaman menggunakan biji.

Photo: Instagram.Com

Pada artikel kali ini aku akan membahas cara menanam strawberry pada pot dengan menggunakan biji. Kamu sanggup menerima bibit strawberry dikios pertanian terdekat. Oke eksklusif saja kita ulas tentang cara menanam strawberry pada pot.

Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Atau Polybag

Biasanya buah strawberry ditanam didaerah dataran tinggi, karena memiliki suhu udara yg sangat cocok buat pertumbuhan strawberry. Tetapi apabila kamu ingin mencoba menanam buah strawberry tempat tinggal , engkau bisa mencoba menanam starwberry pada pot dipekarangan tempat tinggal .

Menanam Strawberry Dalam Pot

1. Persiapan bibit strawberry

Sebelum melakukan proses penanaman, engkau wajib melakukan penyemaian biji strawberry terlebih dahulu. Penyemaian biji strawberry mampu engkau lakukan didalam toples atau wadah plastik lainnya, yang terpenting wajib berwarna hitam atau putih jangan menggunakan wadah yang berwarna.

Pastikan wadah yang kamu pakai buat penyemaian benar-sahih bersih, kemudian masukan dua lapis tisu kedalam wadah, bila terasa masih tipis sanggup lebih. Lalu basahi tisu dengan air mineral, kondisikan tisu tadi sampai benar-benar basah namun jangan sampai tergenang. Jangan memakai air sumur atau air keran, karena air tersebut umumnya mengandung zat yg bisa Mengganggu perkembangan benih strawberry.

Photo: Instagram.Com

Lakukan penebaran biji strawberry diatas tisu. Usahakan jangan terdapat biji strawbery yg melekat satu sama lain. Beri jeda supaya biji dapat tumbuh menggunakan baik. Lalu tutup wadah tersubut menggunakan kedap, kemudian letakan ditempat yang tidak terkena sinar mentari lansung.

Selalu kontrol wadah penyemaian setiap 2 hingga tiga hari sekali, perhatikan tisu harus selalu dalam keadaan basah & lembab. Biasanya biji strawberry akan mulai tumbuh & berkecambah saat menginjak usia 2 minggu. Jika panjang akar telah mencapai 5mm sampai 1 centimeter, berarti bibit strawberry telah siap dipindah kemedia pot.

Dua. Persiapan media tanam

Membuat media tanam buat strawberrry tidak terlalu sulit, karena nir jauh tidak selaras menggunakan media tanam lainnya. Siapkan pot menggunakan berukuran sedang, atau mempunyai diameter minimal 15 centimeter. Ambilah tanah yang telah diayak dan digemburkan, lalu campur dengan arang sekang dan pupuk kandang menggunakan komposisi 2:1:1.

Masukan media tersebut kedalam pot, isi sampai memenuhi 2/tiga pot. Sebelum melakukan penanaman benih, pisahkan media tanam tersebut selama 1 minggu agar media tanam sanggup tercampur menggunakan baik dan memiliki kelembaban pada baian pada.

3. Cara penanaman strawberry pada pot

Jika proses penyemaian sudah terselesaikan & benih strawberry siap tanam, langkah selanjutnya adalah memindahkan benih strawberry tersebut kedalam media tanam.

  • Cabut benih strawberry dari tisu, lakukan cara ini dengan hati-hati jangan sampai merusak akarnya.
  • Masukan benih strawberry kedalam pot yang sudah terisi media tanam, 1 pot cukup diisi dengan 2 buah benih saja.
  • Agar tidak mudah layu lakukan penanaman pada pagi atau sore hari.
  • Pada bagian atas masukan sekam padi, untuk menutupi bagian yang masih terbuka.
  • Lakukan perawatan rutin dengan melakukan penyiraman rutin 2 kali sehari.

Hal yg perlu diperhatikan waktu menanam strawberry:

  • Suhu terbaik untuk menanam strawberry sekitar 17 sampai 20 derajat celcius.
  • Kelembaban udara sekitar 80% samapi 90%.
  • Penyinaran matahari sekitar 8 jam sampai 10 jam setiap harinya.

4. Proses perawatan

Selain melakukan penyiraman rutin, kamu jua harus rajin membersihkan daun atau flora strawberry yang mati. Apabila terdapat gulma atau rumput yg menggagu pula wajib dibersihkan. Karena hal ini bisa mengganggu pertumbuhan strawberry.

Photo: Instagram.Com

Untuk pemupukan, kamu bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk NPK. Agar tanaman strawberry bisa cepat berbuah, lakukan pemotongan pada bagian tanaman yang menjalar panjang. Tujuannya agar tanaman strawberry lebih fokus pada proses pembuahan.

Sebaiknya melakukan penyiraman menggunakan cara disemprot, tetapi usahakan debit air yg digunakan nir terlalu keras, lantaran mampu mematahkan batang strawberry.

5. Proses pemanenan

Photo: Instagram.Com

Biasanya proses pemanenan strawberry telah sanggup dilakukan waktu umurnya mencapai 4 bulan. Waktu terbaik buat memanen strawberry adalah pagi hari. Pengambilan butir strawberry mampu dengan melakukan mutilasi pada permukaan butir strawberry. Satu pohon strawberry umumnya mampu berbuah beberapa kali, tetapi tumbuhnya tidak bersamaan.

Bagaimana, gampang bukan? Sekarang engkau sudah memahami cara menanam strawberry pada pot, jadi engkau mampu langsung mempratekannya. Selamat mencoba.

iklan

Post a Comment for "Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Dipekarangan Rumah"