Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Dalam Pot Atau Polybag

Cabe rawit merupakan salah satu tanamanholtikultura yang sangat banyak dipakai orang untuk menambah nafsu makan. Buat kamu pecinta makanan pedas, pasti merasa hambar jika makanan yang kamu santap tidak dibumbui cabe rawit. Oleh karena itu, di artikel kali ini Pak Tani akan meberi cara mudah menanam cabe rawit dalam pot atau polybag.

Photo by: instagram.Com

Melihat cabe adalah galat satu sayuran yg sangat krusial buat menaikkan selera makan, tentu ketersediaannya harus selalu tercukupi. Tetapi belakangan ini harga cabai selalu melambung tinggi. Nah buat mengatasinya engkau nir perlu khawatir karena mampu menanam cabe rawit pada pot. Cara ini bisa dijadikan cara lain buat engkau yg memiliki huma yang sempit.

Cara Menanam Cabe Rawit Dalam Pot Atau Polybag

Untuk menanam cabai rawit pada pot relatif mudah lantaran mampu dilakukan sendiri dilahan kosong sekitar tempat tinggal . Cara menanamnya hampir sama dengan menanam sayuran lain pada pot.

Selain untuk kebutuhan sehari-hari, cara menanam cabe rawit dalam pot juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan kamulho. Cara menanam cabe dalam pot juga sangat cocok dilakukan buat kamu yang tinggal ditengah kota, dimana lahan yang tersedia untuk bercocok tanam cukup sempit. Maka, cara menanam cabe rawit dalam pot ini merupakan alternatif untuk memenuhi kebutuhanmu.

Menanam Cabe Rawit Dalam Pot

Menanam cabe rawit dalam pot bisa dilakukan dimana saja, baik itu di dataran tinggi maupun dataran rendah yaitu kisaran ketinggian 0 meter sampai 2000 meter diatas permukaan laut. sedangkan suhu terbaik untuk menanam cabe rawit dalam pot berada dikisaran 24 sampai 27 derajatcelcius. Maka inilah cara menanam cabe rawit dalam pot yang bisa kamu lakukan disekitar rumahmu.

Panduan menanam cabe rawit dalam pot

1. Pemilihan benih cabe rawit

Untuk bisa menanam cabe rawit dalam pot hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari bibit cabe rawit unggul, karena hal ini akan sangat mempengaruhi hasil panen cabe rawit yang kamu dapatkan. Ada banyak jenis cabe rawit dipasaran, salah satunyavarietas hibrida maupunvarietas lokal.

Syarat primer dalam menentukan bibit cabai rawit antara lain terbebas menurut aneka macam macam hama penyakit dan mempunyai hasil panen yg melimpah. Setelah menerima bibit cabe dengan kualitas unggulan langkah selanjutnya adalah penyemaian benih cabe rawit tadi.

2. Penyemaian benih cabai

Setelah menerima bibit cabai rawit, langkah berikutnya merupakan melakukan penyemaian sebelum menanam cabai rawit dalam pot. Cara ini dilakukan supaya tumbuhan cabai siap tanam menggunakan tumbuhnya tunas, dan menyortir benih cabai rawit yg pertumbuhannya kurang aporisma.

Cara penyemain bibit cabe sebelum ditanam dalam media pot bisa dimulai menggunakan langkah berikut:

  • Siapkan media tanam sepertipolybag dengan ukuran antara 8cm x 9cm, lalu petakan tanah dan daun pisang.
  • Campurlah petakan tanah denganpupuk kompos hingga merata.
  • Usahakan tanah yang dicampur memiliki butiran yang halus agar bibit cabe rawit yang disemai bisa dengan mudah menembus tanah untuk mendapatkan nutrisi.
  • Atur ketebalan petakan antara 5 cm samapai 10 cm.
  • Maukan bibit cabe kedalam lubang, lalu tutup mengunakan campuran tanah dan abu, kemudian siram dengan air.
  • Tutuplah bibit yang telah kamu tanam menggunakan karung goni basah antara 3 sampai 4 hari.
  • Biasanya bibit sudah mulai tumbuh setalah umur 4 hari, setelah bibit tumbuh, ambil karung goninya lalu ganti dengan naungan buatan untuk melindungi bibi cabe dari sinar matahari ataupun derasnya air hujan.
  • Untuk menanam cabe dalam pot yang sesungguhnya adalah setelah usia bibit menginjak umur 4 minggu, biasanya setelah 4 minggu bibit cabe sudah mulai berdaun antara 3 sampai 4 helai.

Tiga. Persiapan media tanam pot

Cara menanam cabe rawit dalam pot selanjutnya adalah menyiapkan media tanam itu sendiri. Pilihlah pot ataupolybag dengan ukuran lebih dari 30 cm, tujuan pemilihan media pot yang cukup besar ini agar dapat menampung pengakaran tanaman pada saat tanaman cabe mulai tumbuh besar.

Photo by: instagram.Com

Lalu isi pot tersebut menggunakan beberapa campuran yaitu tanah, pupuk kompos / sangkar, arang sekam, serta sekam pagi menggunakan takaran 1:1:1:1. Setelah semuanya tercampur, ayaklah campuran tadi buat mendapatkan media tanam sehalus mungkin.

4. Cara menanam cabai rawit pada pot

apabila media tanam telah siap, langkah berikutnya merupakan memindahkan benih output penyemaian tersebut kedalam media tanam pot. Usahakan pemindahan bibit ini dilakukan dalam pagi atau sore hari buat menghindari terik mentari .

Kemudian pindahkan benih cabe beserta tanah yg melekat di akar benih cabe tadi kedalam lubang yang telah dibentuk pada pot. Lalu tutup dengan tanah supaya bibit cabai yang telahditanam nir gampang roboh.

Lima. Perawatan tumbuhan cabe dalam pot

Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yg aporisma. Jangan lupa buat melakukan pemupukan secara terencana supaya kekayaan hara dalam tanah yg tersimpan dalam pot tetap terjaga. Waktu pemupukan mampu dilakukan 1 bulan sekali sampai masa panen.

Photo by: instagram.Com

Tanaman cabai yang ditanam dalam pot memerlukan intensitas penyiraman yang lumayan tinggi, sebaiknya siramlah tanaman cabe pada pot setiap pagi & sore hari. Jangan lupa memasang penopang tanaman karena tumbuhan cabai rawit pada pot mudah roboh. Waktu terbaik buat memasang penopang tumbuhan, saat tumbuhan cabe mencapai tinggi 20cm atau lebih.

Nah, itulah cara menanam cabai rawit pada pot, cara ini sangat efektif buat mengakali keterbatasan lahan buat menanam. Selamat mencoba.

iklan

Post a Comment for "Cara Mudah Menanam Cabe Rawit Dalam Pot Atau Polybag"