Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Panen Melimpah? Inilah Cara Menanam Kacang Tanah Paling Efektif

Photo by: instagram.Com

Sebelum menuju pokok pembahasan tentang cara menanam kacang tanah , tidak ada salahnya kamu mengenal lebih jauh kacang yang satu ini. Kacang tanah merupakan salah satu tanaman yang sangat banyak mengandung manfaat untuk kesehatan, selain itu kacang tanah dapat diolah menjadi berbagai macam kudapan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Misalnya kacang telur, pilus dan berbagai olahan lainnya.

Saat ini permintaan kacang tanah pada Indonesia masih cukup tinggi, hal ini merupakan peluang usaha yg sangat menjanjikan apabila kamu ingin coba budidaya kacang tanah. Tetapi sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menanam kacang tanah, tidak ada salahnya kamu tahu mengenai syarat tumbuh dari kacang tanah tersebut:

Tahapan Cara Menanam Kacang Tanah Paling Efektif

Syarat Tumbuh Kacang Tanah:

  • Lokasi terbaik untuk lahan budidaya kacang tanah yaitu memiliki curah hujan sedang, antara 800 sampai 1.200 mm/th. Karena jika ditanam ditempat yang memiliki curah hujan tinggi dapat menyebabkan bunga sulit diserbuki oleh serangga.
  • Memiliki kelembaban udara 65% sampai 75% disekitar area lahan.
  • Lahan harus mendapat sinar matahari yang cukup sepanjang hari.
  • Lahan yang dipakai sebaiknya tanah gembur yang banyak mengandung unsur hara yang sangat diperlukan oleh kacang tanah.
  • Memiliki PH tanah antara 6 hingga 6,5.
  • Lahan harus memiliki pasokan air yang cukup agar pertumbuhan kacang tanah tidak layu, kurus, atau kerdil.
  • Tumbuhan kacang tanah bisa tumbuh dengan baik didataran rendah yang memiliki ketinggian antara 50 hingga 500 meter diatas permukaan laut.

Setelah mendapat huma yang sinkron, berikut merupakan cara menanam kacang tanah yg baik dan sahih supaya menerima hasil panen yg melimpah & aporisma.

Cara Menanam Kacang Tanah Yang Baik Dan Benar

1. Pemilihan Bibit Unggul Kacang Tanah

  • Agar mendapat hasil panen yang melimpah, kamu harus memilih bibit kacang tanah yang memiliki kualitas unggul, dengan ciri–ciri:
  • Pilihlah bibit kacang tanah dari varietas unggul.
  • Memiliki kemampuan petumbuhan mencapai 90% atau lebih.
  • Terbebas dari hama dan penyakit.
  • Kulit luar terlihat mengkilat, tidak keriput atau cacat.
  • Pilihlah bibit dari satu varietas saja, jangan mencampur beberapa varietas.
  • Memiliki kadar air berkisar antara 10% sampai 12%.

Berikut adalah model bibit kacang tanah yang baik, sebagai model tahap awal cara menanam kacang tanah yg baik dan benar:

2. Persiapan Benih

Setelah medapat bibit unggul , langkah berikutnya dalam cara menanam kacang tanah yaitu mempersiapkan benih unggul sebelum ditanam.

Sebaiknya benih kacang yg telah engkau persiapkan disimpat ditempat kering & tertutup kedap. Hal ini bertujuan buat menjaga tingkat kekeringan benih kacang tanah supaya tidak lembab lantaran terkena suhu menurut luar.

3. Persiapan Lahan

Langkah berikutnya dalam cara menanam kacang tanah merupakan menyiapkan media tanam atau huma yg akan ditanam bibit kacang tanah. Siapkan huma tanamnya dengan cara berikut ini:

  • Cangkul lahan untuk menggemburkan tanah serta membersihkan tanah dari gulma, rumput liar maupun akar tanaman lain sisa tanaman sebelumnya.
  • Jika tanah memiliki PH terlalu asam atau kurang dari 5, sebaiknya lakukan pengapuran tanah dengan menebar kapur dolomit dengan komposisi 1 ton/hektar .
  • Proses pengapuran yang ideal maksimal 1 bulan sebelum waktu tanam.
  • Buat bedengan dengan tinggi 30cm dan lebar 70cm, serta panjang menyesuaikan kondisi lahan.
  • Untuk mengantisivasi air menggenang berikan jarak antar bedengan kurang lebih 1 meter.
  • Tambahkan pupuk kandang yang sudah matang dengan takaran 2 ton/hektar untuk menambah jumlah unsur hara dalam tanah, biarkan selama 1 minggu agar pupuk dapat tercampur dengan sempurna.
  • Buat lubang sedalam 3 cm dengan jarak 40 cm x 20 cm dalam bedengan untuk menanam benih kacang tanah.

4. Menanam Bibit Kacang Tanah

apabila bibit dan lahan sudah siap, tahap selanjutnya adalah menanam bibit. Cara menanam kacang tanah mampu dilakukan saat isu terkini hujan apabila lahan yg tersedia termasuk huma kemarau.

Tetapi bila lahan yang tersedia jenis huma persawahan atau tegalan yang mempunya pasokan air yg cukup poly, penanaman bisa dilakukan dalam bulan April sampai Juni. Atau bulan Juli hingga September.

Masukan bibit kacang tadi kedalam lubang tanam yg sudah disediakan. Setiap luabng diisi satu atau dua bibit saja, menggunakan kedalaman lubang kira-kira 3 centimeter menurut permukaan tanah.

Lima. Penyulaman Kacang Tanah

Cara menanam kacang tanah mampu berhasil dengan baik apabila rutin melakukan penyulaman. Gantilah bibit kacang yg mangkat atau nir tumbuh menggunakan paripurna supaya nir mengganggu pertumbuhan kacang tanah yg lain. Kegiatan peyulaman bisa dilakukan setelah masa tanam memasuki usia lima sampai 7 hari.

6. Penyiangan Tanaman

Proses selanjutnya dari cara menanam kacang tanah adalah dengan melakukan penyiangan atau pembersihan rumput liar atau gulma yang ada disekitar lahan agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman.

Photo by: instagram.Com

Kegiatan penyiangan dapat dilakukan sebanyak dua kali yaitu ketika menginjak usia 1 minggu & 6 minggu selesainya masa tanam. Lakukan penyiangan dengan hati?Hati agar tidak menghambat bungan juga polong kacang tanah.

7. Penyiraman Tanaman

Langkah ketujuh dalam cara menanam kacang tanah adalah proses penyiraman. Lakukan penyiraman rutin sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari terutama jika menanam dilahan kering. Namun saat menginjak musim hujan penyiraman bisa dikurangi.

Photo by: instagram.Com

Perhatikan juga syarat tanaman kacang tanah, jika mulai berbunga hentikan penyiraman. Lantaran bisa menghambat proses penyerbukan bunga.

8. Masa Panen

Kacang tanah biasanya sudah bisa dipanen setelah usia tanam mencapai 3 bulan pada varietas unggul, serta 5 bulan jika varietas yang ditanam kuarng baik.

Photo by: instagram.Com

Agar lebih jelas, inilah karakteristik kacang tanah yang siap panen:

  • Bantang tanaman sudah mengeras.
  • Daun kacang sudah mulai berguguran dan ditandai dengan warna yang mulai menguning.
  • Polong kacang sudah mengeras dan terisi penuh.
  • Polong sudah berwarna lebih gelap kehitaman.

Itulah cara menanam kacang tanah yg baik & benar agar bisa output panen yg melimpah. Bagaimana cukup gampang bukan? Selamat mencoba.

iklan

Post a Comment for "Ingin Panen Melimpah? Inilah Cara Menanam Kacang Tanah Paling Efektif"