Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Langkah Mudah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Penghobi tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan bunga anggrek. Yap, bunga anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak di gemari karena memiliki bentuk dan warna yang sangat indah. Selain itu cara menanam anggrek dengan sabut kelapa sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapapun.

Bunga anggrek memiliki varietas yang sangat beragam, yang paling populer dan poly pada budidayakan adalah jenis anggrek bulan. Di Indonesia sendiri varietas anggrek bulan cukup banyak digemari karena mempunyai rona yg manis sehingga sangat cocok dijadikan menjadi hibah khas buat seorang.

Bunga anggrek adalah salah satu varietas tanaman hias, memiliki nama latinOrchidaceae. Selain itu bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang memiliki jenis paling banyak dan tersebar luas di kawasan tropika basah sampai wilayah Sirkumpolar. Jika Anda tertarik tentang cara menanam anggrek dengan sabut kelapa langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Anggrek merupakan salah tanaman yang dapat tumbuh dengan cara menumpang atau menempel pada pohon lain, namun anggrek bukan termasuk tanaman parasit karena tidak mengganggu pertumbuhan pohon inangnya. Anggrek dapat tumbuh mandiri meskipun hidup menumpang pada pohon lain. Oleh sebab itu, anggrek banyak di temui di dalam hutan dan tumbuh menempel pada pohon besar ataupun lereng pegunungan. Maka dari itu cara menanam anggrek dengan sabut kelapa merupakan media yang sangat pas untuk budidaya bunga anggrek.

Bunga anggrek memiliki bentuk & karakteristik spesial , namun pada umumnya bunga anggrek memiliki karakteristik-karakteristik menjadi berikut:

  • Bentuk fisik yang menyerupai serangga
  • Memiliki warna yang beragam dan cerah
  • Memiliki akar yang serba guna

apabila Anda tertarik menanam bunga anggrek dan ingin mencoba menanamnya, Anda sanggup mencoba cara menanam bunga anggrek menggunakan sabut kelapa sebagai berikut:

Langkah-langkah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

1. Persiapan & Pemilihan Sabut Kelapa

Untuk menanam bunga anggrek menggunakan sabut kelapa, sebaiknya pilihlah sabut kelapa yang sudah tua. Kemudian rendam sabut kelapa tersebut kedalam larutan fungsida sebelum dipakai menjadi media tanam bibit bunga anggrek.

Potong sabut kelapa sinkron kebutuhan atau seukuran pot yang akan digunakan. Pastikan sabut kelapa dalam keadaan bersih lantaran beberapa bagian sabut kelapa mengandung zat yang mampu mempengaruhi proses pertumbunhan bunga anggrek.

Sabut kelapa dengan berukuran besar umumnya akan terlihat lebih menarik buat dijadikan media tanam, namun pastikan juga sabut yg dipakai sesuai menggunakan kebutuhan tanman anggrek.

Dua. Perendaman Sabut Kelapa

Sebaiknya lakukan perendaman sabut kelapa sebesar dua kali, yang pertama menggunaman air bersih biasa & yang ke 2 menggunakan larutan fungsida.

Cuci sabut kelapa di air yang mengalir, lalu rendam dengan air higienis lebih kurang 6 jam. Setelah direndam menggunakan air bersih, rendam pulang kedalam larutan fungsida kemudian angkat dan tiriskan. Perendaman memakai larutan fungsida bertujuan buat mencegah tumbuhnya fungi dalam sabut kelapa yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga anggrek.

Pukul-pukul sabut kelapa yang telah direndam menggunakan kayu atau palu. Hal ini bertujuan agar serat pada sabut kelapa bisa terbuka.

3. Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Sabut kelapa yang telah direndam tidak sanggup eksklusif digunakan buat menanam bunga anggrek. Karena sabut kelapa tadi wajib pada keringkan lebih dulu tetapi usahakan masih relatif lembab jangan terlalu kering, setelah cukup kemarau baru sanggup digunakan buat dijadikan media tanaman .

Setelah sabut kelapa relatif kering lilitkan dalam bibit bunga anggrek yg sudah disiapkan. Anda bisa membeli bibit bunga anggrek pada toko bunga atau kios tumbuhan hias terdekat.

Selanjutnya sabut kelapa yg telah dililitkan dalam bibit bunga anggrek dimasukan kedalam pot. Letakan pot tersebut pada tempat yg rindang hindari terkena sinar mentari secara eksklusif atau mampu jua diletakan menggunakan posisi digantung.

4. Perawatan Bunga Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Perawatan flora anggrek nir terlalu sulit, cukup lakukan penyiraman secara rutin dalam pagi & sore hari terutama waktu ekspresi dominan kemarau. Selain itu, disarankan buat rutin membarui sabut kelapa yg telah lapuk atau terlalu basah dengan sabut yg baru agar pertumbuhan bunga anggrek sanggup optimal.

Itulah cara menanam anggrek dengan sabut kelapa, bagaimana cukup mudah bukan? Selain buat mempercantik halaman rumah menanam anggrek dapat dijadikan menjadi cara buat menyalurkan hobi bercocok tanam. Selamat mencoba.

iklan

Post a Comment for "4 Langkah Mudah Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa"